Smart Clever

Kekeliruan Dari Seorang Makelar Saham

Ada banyak cara bagi makelar saham untuk dapat melanggar kewajiban hukum dan dan etika dari para pelanggannya – dan didalam sebagian besar kasus – pengusaha makelar (yang sering disebut sebagai perusahaan perantara perdagangan) akan diwajibkan untuk membayar ganti rugi.

  • Ciri-Ciri Kekeliruan Yang Kerap Dilakukan Oleh Seorang Makelar Saham

  1. Merekomendasikan investasi yang tidak sesuai

Sebuah investasi besar untuk satu orang dapat menjadi investasi yang sangat bodoh bagi orang lain. Untuk itu, keadaan anda pribadi sebagai seorang investor harus hati-hati atas pertimbangan yang diajukan oleh makelar saat dirinya merekomendasikan kepada anda sebuah investasi. Seorang dokter bedah yang belum menikah diusia 40 tahun mungkin harus menjalani investasi yang berbeda dari orang tua kelas menengah yang dimana sibuk untuk merencanakan biaya kuliah anak-anaknya. Seorang pensiunan yang berusia 70 tahun tidak harus berinvestasi dengan cara yang sama seperti pemilik bisnis kaya berusia 70 tahun yang masih bekerja. Makelar saham memiliki tugas untuk mengetahui kliennya dan untuk memastikan bahwa setiap investasi yang direkomendasikan adalah sesuai dengan kliennya dalam faktor nyata seperti usia kliennya, status keuangannya, pengetahuan dan pengalaman investasi, kebutuhan jangka pendek dan panjang serta kemampuan dan kemauan untuk mentoleransikan resiko dan menahan kerugian. Jika anda mengalami kerugian dalam salah satu investasi yang tidak sesuai maka makelar akan bertanggung jawab.

  1. Keliru atau menghilangkan fakta

Anda perlu mengetahui banyak fakta secara cerdas dan memutuskan apakah akan membeli atau menjual investasi. Beberapa makelar berbohong tentang hal-hal yang perlu anda ketahui. Beberapa makelar tidak selalu berbohong, tetapi mereka menyembunyikan fakta-fakta tertentu yang mungkin mempengaruhi keputusan dalam investasi anda. Dan beberapa makelar yang mengaburkan atau menghilangkan fakta adalah hal ceroboh. Namun entah dikarenakan makelar keliru atau lalai, yang pasti jika anda telah masuk ke dalam investasi yang buruk maka makelar harus bertanggung jawab atas kerugian anda.

  1. Berdagang secara berlebihan atau “berputar”

Ingat bahwa setiap makelar yang dikompensasi oleh komisi akan mendapatkan komisinya setiap kali anda membeli atau menjual dan bahkan saat anda menghasilkan uang ataupun kehilangan uang. Saat makelar yang memiliki hak untuk mengendalikan investasi di akun anda terlibat dalam perdagangan berlebihan untuk menghasilkan komisi “yang berputar” itu adalah bentuk penipuan. Makelar tersebut dapat anda tuntut karena telah memutarkan akun anda.

  1. Terlibat dalam perdagangan yang sah

Dalam sebagian besar kasus, makelar diperbolehkan untuk membeli atau menjual sekuritas setelah menerima ijin dari anda untuk melakukannya. Tetapi terkadang, makelar terlibat dalam perdagangan yang tidak sah. Terkecuali anda telah memberikan makelar hak untuk melakukan atau menumpahkan kebijakannya sendiri dalam menangani investasi anda, perdagangan tidak sah merupakan pelanggaran kewajiban fidusia makelar dan melanggar hak anda. Perdagnagan tidak sah dapatdibatalkan dan kerugian yang dihasilkan dapat dioper kepada makelar anda.

  1. Gagal mengikuti instruksi

Makelar umumnya diwajibkan untuk mengikuti instruksi anda sehubungan dengan membeli atau menjual saham. Jika anda menginstruksikan makelarmu untuk membeli atau menjual dan ia gagal melakukannya maka saham anda akan merugi hingga menggelontorkan dana yang tidak sedikit ataupun berada naik dan turun. Dalam beberapa kasus, makelar tidak akan selalu mengabaikan instruksi anda tetapi untuk mendapatkan keuntungannya sendiri, mungkin anda berada dalam tekanan saat memegang saham tersebut dan ingin menjualnya. Kegagalan makelar dalam mengikuti instruksi anda tidak dapat mengubah instruksi anda dan ini dapat menjadi dasar untuk memulihkan kerugian anda.

  1. Penyalahgunaan dan aksi kriminal lainya

Terkadang, makelar akan melakukan aksi kriminal yang jelas seperti mencuri, menipu dan memalsukan. Pada dasarnya, makelar membuat skema untuk mencuri uang anda. Terkadang skema ini akan melibatkan hal yang dikenal sebagai “menjual diri” yang berarti kegiatan investasi yang dilakukan makelar tidak dilapokan atau disetujui oleh perusahaan perantara yang mempekerjakan dia. Makelar bahkan telah dikenal untuk menjual investasi yang tidak ada. Anda memiliki hal untuk mencari pemulihan guna menyingkap aksi penipuan yang diakibatkan oleh penyalahgunaan dana oleh makelar tersebut.

  1. Konsentrasi

Seorang makelar umumnya memiliki tugas untuk merekomendasikan bahwa akun pelanggan terversifikasi diantara investasi yang berbeda, kelas investasi dan industri. Versifikasi yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan resiko dan menghindari kerugian yang berlebihan. Jika makelar berkonsentrasi terlalu banyak pada portofolio anda yang berarti dalam satu jenis investasi (seperti saham) atau menempatkan uang banyak dalam satu atau dua saham yang berbeda, atau membeli terlalu banyak saham di industri yang sama maka anda akan menghadapi resiko yang lebih besar yaitu kerugian besar. Seorang makelar yang gagal dalam merekomendasikan akun dapat bertanggung jawab untuk beberapa atau semua kerugian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommend